Jumat, 24 Desember 2010

JOAN and THE JESSELTONE - BWJF 2010



JOAN AND THE JESSELTONE


“SEBUAH KOLABORASI APIK DI BWJF 2010”
OLEH  Denny Martha (Mahasiswa FISS Jurusan Seni Musik UNPAS)


+++++

        Di hari kedua pergelarannya, event Bandung World Jazz Festival (BWJF) 2010 yang diadakan di Gedung Sasana Budaya Ganesha Bandung kali ini (07/11/2010), menampilkan sebuah grup musik yang berasal dari negeri yang ‘se-rumpun’ dengan kita, yakni Joan And The Jesseltone (Malaysia). Tampil membawakan sekitar tiga buah lagu, dengan mengusung jenis musik Funk dan Swing, mereka mampu menghadirkan aroma dan nuansa Jazz yang kental serta didukung oleh kemampuan bermusik yang matang dari setiap personilnya.

        Tak perlu diragukan lagi kemampuan mereka di dalam memainkan musik Jazz, dibuktikan lewat penampilan mereka di lagu pertama yang berjudul “You Know, I need You”. Dengan membawa personil sebanyak enam orang yang terdiri dari, Ame pada Instrumen Bass Elektrik, Indra pada Instrumen Gitar Elektrik, Tan pada Instrumen Piano Elektrik, Bob pada Drum, Joan pada Vokal dan Iman pada Instrumen Saxophone Tenor. Di lagu pertama-nya ini Joan And The Jesseltone membawakan aransemen mereka dalam bentuk musik Funk yang dimainkan dalam tempo sedang. Disertai dengan Solo Improvisasi Drum oleh Bob yang ada di pertengahan lagu, semakin menunjukkan ‘kebolehan’ mereka di dalam memainkan musik jazz.

         Berbeda dengan aransemen sebelumnya, di lagu kedua yang memiliki judul “Aku Bukan Boneka” ini, Joan And The Jesseltone menampilkan bentuk musik Swing dan Blues. Dengan jangkauan nada vokal Tenor serta menampilkan gaya bernyanyi dan warna vokal ‘bluesy’ yang terdengar cenderung berat, sang vokalis berusaha menampilkan kemampuan terbaiknya bersama Joan And The Jesseltone di BWJF 2010 kali ini. Yang menarik adalah, di saat pertengahan lagu, secara sengaja mereka menaikkan tempo, serta merubah bentuk irama musik yang tadinya ‘Swing’ menjadi ‘Bebop’ pada aransemen di lagu kedua ini. Ditandai dengan perubahan ‘beat’ Drum yang dimainkan oleh Bob dan ‘Running’ Bass yang dimainkan oleh Ame. Solo Improvisasi pun ditampilkan secara bergilir dimulai dari Indra pada Gitar, Ame pada Bass, Bob pada Drum, Joan pada Vokal, serta tak ketinggalan oleh Iman pada Saxophone Tenor. Alhasil penonton yang hadir pun, tampak puas melihat permainan mereka saat itu.

        Pada penutupannya, Joan And The Jesseltone membawakan lagu yang berjudul “Happy People”, dengan bentuk irama musik Funk yang dibawakan dengan cukup baik dan matang. Ada yang beda dengan penampilan terakhir mereka kali ini, yakni hadirnya seorang Saxophonist Alto muda asal Indonesia yang bernama Irul Nasution yang tergabung di dalam grup Prabumi. Irul bersama Instrumen Saxophone-nya mampu memberikan warna tersendiri di saat ia melakukan kolaborasi dengan Joan And The Jesseltone kali ini di BWJF 2010. Sesuai dengan judul lagunya, kesan ‘happy’ pun berusaha ditampilkan oleh mereka. Hal ini dapat dirasakan dari tempo lagu yang sedang namun tetap terasa dinamis hingga menjelang akhir di aransemen lagu yang terakhir ini. Solo Piano oleh Tan dan Ame pada Bass pun semakin melengkapi penampilan mereka kali ini. Hingga pada puncaknya, permainan Improvisasi solo yang ditampilkan oleh Irul pada Saxophone Alto, kemudian disambut oleh Iman pada Saxophone Tenor. Sehingga kolaborasi yang ‘apik’ terwujud di BWJF 2010 kali ini.  Sungguh sebuah penampilan yang sayang untuk dilewatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar